Pages

 
 

Cara Mengganti Tema Di Wordpress


Mengganti dan mengupload theme atau template di wordpress sudah menjadi kebiasaan oleh beberapa Blogger dengan maksud dan tujuan tertentu apalagi bagi yang punya banyak koleksi theme atau template tentunya itu bukan hal tidak asing lagi. Karena dengan mengganti template yang cocok bagi pemilik blog ada kepuasan tersendiri karena disetiap template memiliki Fitur berbeda.

Kalau saya sendiri selama berkutat di blog ini baru dua kali mengganti theme. Ada keinginan juga sih menggantinya tapi terkadang template yang kita senangi justrus ga SEO Friendly karena cara penulisan Titel ketika di home page dan halaman-halaman lainnya tidak sesuai yang kita inginkan. Bagi yang mengerti PHP dan HTML sih bukan masalah karena dengan mudah bisa menyesuaikan sesuai keinginan.

Selain itu mengganti theme juga perlu mempertimbangkan Time Loading. Apakah dengan theme yang baru time loadingnya bisa cepet atau lambat karena seperti pengalaman saya bulan lalu sewaktu mencoba mengganti theme justru kehilangan pengunjung selama berhari hari. Hal itu disebabkan karena Time Load untuk menampilkan homepage secara keseluruhan terlalu lama yang pada akhirnya pengunjung jadi malas untuk membuka link-link dan Content yang ada.

Mungkin alasan itu yang membuat saya tetap bertahan menggunakan template Regulus Binary Moon ini meski dibagian tertentu sudah ditambahkan code-code tertentu untuk keperluan SEO, iklan dan Social Bookmarking jadi mau ga mau saya harus puas dengan template ini.

Bagi teman teman yang ingin mengubah atau mengganti template di WordPress sih mudah apalagi di wordpress juga banyak menyediakan Template caranya cukup anda login ke dashboard wordpress dan memilih menu Design -> Themes lalu memilih template yang tersedia kemudian klik Activate Theme yang dipilih Tapi bagi teman yang punya blog di Hostingan sendiri atau di free Hosting lainnya anda memerlukan sebuah software FTP (File Transfer Protocol) seperti Filezilla, Cute FTP dan lain lain. Sebagai Contoh saya akan tunjukkan bagaimana langkahnya.


Cara menambah atau cara upload Theme di 000webhost.com langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka Program FTP anda, dalam contoh ini menggunakan Filezilla
  2. Isikan Text Box Host dengan Server Name anda ex. Server16.000webhost.com
  3. Isikan Text Box Username dengan Account anda yang sudah terdaftar di 000webhost.com
  4. Isi Password
  5. Isi text box Port dengan angka 21
  6. Klik Tombol Quickconnect
  7. Jika semuanya telah terisi dan koneksi berhasil maka pada remote site akan muncul directory-directory dari hosting anda
  8. Lanjutkan dengan masuk pada directory public html –> wp-content –> themes
  9. Klik kanan directory template yang ada pada local site dan pilih menu upload
  10. Jika proses upload pada directory public html –> wp-content –> themes sudah berhasil maka theme anda siap dipakai
  11. Untuk mengganti template yang telah di upload silahkan anda login ke dashboard wordpress dan memilih menu Design –> Themes lalu memilih template yang tersedia kemudian klik Activate Theme yang dipilh. Anda juga bisa melakukan modifikasi template / themes sebelum menguploadnya

0 komentar:

Posting Komentar

Updates Via E-Mail

Recent